.

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics

selamat datang.........

semoga Allah selalu memudahakn jalan hamba-Nya yang bersungguh-sungguh

mungkin ini adalah saya

Foto saya
asalamu'alaikum wr.wb, dalam naungan Ridho Illahi semoga hidup penuh kedamaian walau didahului oleh permusuhan.. salam ukhuwah islamiyah

PSIKOLOGI KEPRIBADIAN

Drs. Kuntjojo, M.Pd.
PENDIDIKAN BIMBINGAN DAN KONSELING
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
2 0 0 9

Psikologi Kepribadian
Kata Pengantar
Puji syukur tiada tara penulis panjatkan pada Yang Maha Pengasih karena telah
memberikan kemampuan dan waktu kepada penulis untuk menyelesaikan penulisan
diktat Psikologi Kepribadian ini.
Penulis berharap diktat ini dapat dimanfaatkan untuk salah sumber belajar bagi
mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Apa
yang disajikan dalam diktat ini hanyalah merupakan garis besar materi kuliah. Untuk
memperluas dan memperdalam wawasan dalam bidang ini diharapkan hahasiswa
membaca berbagai refensi yang relevan, terutama yang buku-buku dijadikan acuan
dalam penulisan diktat ini.
Penulis menyadari bahwa banyak kelemahan yang terdapat pada diktat ini, baik
yang menyangkut isi, pengungkapan, maupun sistematika penulisan. Untuk itu saran
serta kritik yang konstruktif senantiasa penulis harapkan.
Kediri, Oktober 2009
Penulis
Psikologi Kepribadian

Daftar Isi
Halaman Judul .................................................................................................... i
Kata Pengantar .............................................................................................. ii
Daftar Isi ........................................................................................................ iii
Daftar Tabel, Bagan, dan Gambar ................................................................ iv
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................ 1
A. Psikologi Kepribadian dalam Sistematika Psikologi................... 1
B. Sasaran-sasaran Psikologi Kepribadian ................................... 1
C. Urgensi Psikologi Kepribadian dalam Pendidikan .................... 2
BAB II KONSEP-KONSEP DASAR EPRIBADIAN ..................................... 4
A. Pengertian Kepribadian ............................................................. 4
B. Konsep-konsep yang Berhubungan dengan Kepribadian ....... 6
C. Usaha-usaha untuk Mempelajari Kepribadian .......................... 6
BAB III TIPOLOGI ....................................................................................... 8
A. Pengertian Tipologi ................................................................... 8
B. Macam-macam Tipologi ........................................................... 8
BAB IV TEORI KEPRIBADIAN .................................................................... 18
A. Pengertian Teori Kepribadian ................................................... 18
B. Fungsi Teori Kepribadian ......................................................... 18
C. Dimensi-dimensi Teori Kepribadian .......................................... 18
D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepribadian ........................ 19
E. Anggapan-anggapan Dasar tentang Manusia .......................... 22
F. Klasifikasi Teori Kepribadian .................................................... 25
BAB V KEPRIBADIAN MENURUT PARADIGMA PSIKODINAMIKA ........ 26
A. Pendahuluan ............................................................................ 26
B. Teori Psikoanalisis ................................................................... 26
C. Teori Psikologi Individual .......................................................... 32
D. Teori Psikologi Analitis ............................................................. 34
BAB VI KEPRIBADIAN MENURUT PARADIGMA BEHAVIORISTIK ......... 38
A. Pendahuluan ............................................................................ 38
B. Teori Kepribadian Skinner ........................................................ 38
BAB VII KEPRIBADIAN MENURUT PSIKOLOGI HUMANISTIK ................ 41
A. Pendahuluan ............................................................................ 41
B. Pokok-pokok Teori Abraham Maslow ........................................ 41
C. Pokok-pokok Teori Carl Rogers ................................................ 43
Daftar Pustaka ............................................................................................... 46
Psikologi Kepribadian
Daftar Tabel, Bagan, dan Gambar
Tabel
Tabel I Tipologi Hippocrates Galenus ............................................. 10
Tabel II Ikhtisar Tipologi Heymans ................................................... 14
Tabel III Tipologi atas Dasar Nilai-nilai Kebudayaan ........................ 17
Tabel IV Struktur Kepribadian ........................................................... 27
Bagan
Bagan 1 Mekanisme Perpindahan Enerji ......................................... 30
Gambar
Gambar 1 Kubus Heymans ................................................................ 15
Gambar 2 Piramuda Kebutuhan Manusia .......................................... 43
Psikologi Kepribadian

PENDAHULUAN
A. Psikologi Kepribadian dalam Sistematika Psikologi
Psikologi diakui sebagai ilmu yang berdiri sendiri pada tahun 1879
ketika Wilhelm Wundt mendirikan laboratorium psikologi di Leipzig, Jerman.
Labo-ratorium ini merupakan laboratorium psikologi yang pertama di dunia.
Setelah itu psikologi mengalami perkembangan yang pesat, yang ditandai
dengan lahirnya bermacam-macam aliran dan cabang.
Aliran-aliran psikologi lahir karena adanya pemahaman dan keyakinan
para ahli yang berbeda-beda dalam memandang manusia. Aliran-aliran
yang berkembang dalam bidang psikologi diantaranya : strukturalisme,
fungsionalisme, behaviorisme, psikologi gestalt, psikologi dalam, psikologi
humanistik, dst. Sedangkan cabang-cabang psikologi berkembang sebagai
hasil dari pengkajian perilaku manusia ditinjau dari sudut pandang tertentu.
Cabang-cabang psikologi diantaranya : psikologi perkembangan, psikologi
pendidikan, psikologi sosial, psikologi kepribadian, psikologi abnormal,
psikologi kesehatan, psikologi olah raga, dst.
Psikologi kepribadian, sama halnya dengan cabang-cabang lainnya dari
psikologi, memberikan sumbangan yang berharga bagi pemahaman
tentang manusia melalui kerangka kerja psikologi secara ilmiah. Yang
membedakan psikologi kepribadian dengan cabang-cabang lainnya adalah
usahanya untum mensintesiskan dan mengintegrasikan prionsip-prinsip
yang terdapat dalam bidang-bidang psikologi lain tersebut. Dalam bidang
psikologi tidak ada satu bidangpun yang memiliki daerah yang demikian
luas seperti psikologi kepribadian (Koeswara, 1991 : 4).
B. Urgensi Psikologi Kepribadian dalam Pendidikan
Psikologi kepribadian merupakan pengetahuan ilmiah. Sebagai
pengetahuan ilmiah, psikologi kepribadian menggunakan konsep-konsep
dan metoda-metoda yang terbuka bagi pengujian empiris. Penggunaan
konsep-konsep dan metoda-metoda ilmiah dimaksudkan agar psikologi
kepribadian bisa mencapai sasarannya, yaitu : pertama, memperoleh

Bab 1
Psikologi Kepribadian
informasi mengenai tingkah laku manusia dan kedua, mendorong individuindividu
agar bisa hidup secara penuh dan memuaskan (Koeswara,1991: 4).
Usaha untuk memperoleh pemahaman mengenai perilaku manusia
bukan hanya dimaksudkan untuk melampiaskan hasrat ingin tahu saja tetapi
juga diharapkan bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup manusia.
Pengetahuan mengenai perilaku individu-individu beserta faktor-faktor yang
berhubungan dengan perilaku tersebut hendaknya dapat dimanfaatkan
dalam kegiatan terapan atau praktik seperti psikoterapi dan programprogram
bimbingan, latihan dan belajar yang efektif, juga melalui perubahan
lingkungan psikologis sedemikian rupa agar individu-individu itu mampu
mengembangkan segenap potensi yang dimiliki secara optimal (Koeswara,
1991 : 4-5).
Interaksi yang terjadi antara pendidik dan peserta didik dalam proses
pendidikan merupakan interaksi di mana pihak pendidik berusaha
mempengaruhi peserta didik agar peserta didik dapat berkembangan secara
optimal. Untuk mewujudkan keinginan tersebut pendidik harus membekali
dirinya dengan seperangkat persyaratan, diantaranya adalah pemahaman
mengenai perilaku manusia, baik tentang dirinya sendiri (self understanding)
maupun orang lain, khususnya peserta didik (understanding the other).
Tanpa disertai dengan pema-haman yang baik tentang perilaku manusia
atau tepatnya kepribadian, akan sulit mewujudkan interaksi edukatif.
Dalam profesi bimbingan dan konseling, khususnya di sekolah,
pemahaman mengenai perilaku manusia melalui psikologi kepribadian
merupakan kebutuhan yang tidak disa diabaikan. Pemahaman kepribadian
diperlukan oleh pendidik atau konselor untuk :
1. acuan dalam mengembangkan kepribadiannya agar mengarah ke
kepribadian pendidik atau konselor ideal;
2. mempermudah dalam mengenal karakteristik peserta didik;
3. acuan dalam pengembangan berbagai potensi peserta didik;
4. acuan dalam mengambil tindakan preventif;
5. acuan dalam membimbing peserta didik ke arah kedewaan;
6. menghindari terjadinya konflik antara guru / konselor dengan peserta
didik / klien.
Psikologi Kepribadian
KEPRIBADIAN
A. Pengertian Kepribadian
1. Tinjauan secara Etimologis
Istilah kepribadian dalam bahasa Inggris dinyatakan dengan
personality. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu persona, yang
berarti topeng dan personare, yang artinya menembus. Istilah topeng
berkenaan dengan salah satu atribut yang dipakai oleh para pemain
sandiwara pada jaman Yunani kuno. Dengan topeng yang dikenakan dan
diperkuat dengan gerak-gerik dan apa yang diucapkan, karakter dari tokoh
yang diperankan tersebut dapat menembus keluar, dalam arti dapat
dipahami oleh para penonton.
Dari sejarah pengertian kata personality tersebut, kata persona yang
semua berarti topeng, kemudian diartikan sebagai pemaiannya sendiri,
yang memainkan peranan seperti digambarkan dalam topeng tersebut.
Dan sekarang ini istilah personality oleh para ahli dipakai untuk
menunjukkan suatu atribut tentang individu, atau untuk menggambarkan
apa, mengapa, dan bagaimana tingkah laku manusia.
2. Definisi-definisi Kepribadian
Banyak ahli yang telah merumuskan definisi kepribadian berdasarkan
paradigma yang merekla yakini dan focus analisis dari teori yang mereka
kembangkan. Dengan demikian akan dijumpai banyak variasi definisi
sebanyak ahli yang merumuskannya. Berikut ini dikemukakan beberapa
ahli yang definisinya dapat dipakai acuan dalam mempelajari kepribadian.
a. GORDON W. W ALLPORT
Pada mulanya Allport mendefinisikan kepribadian sebagai “What a
man really is.” Tetapi definisi tersebut oleh Allport dipandang tidak
memadai lalu dia merevisi definisi tersebut (Soemadi Suryabrata, 2005:
240) Definisi yang kemudian dirumuskan oleh Allport adalah:
“Personality is the dynamic organization within the individual of
those psychophysical systems that determine his unique
adjustments to his environment” (Singgih Dirgagunarso, 1998 : 11).
Bab 2
Psikologi Kepribadian
Pendapat Allport di atas bila diterjemahkan menjadi : Kepribadian
adalah organisasi dinamis dalam individu sebagai sistem psikofisis
yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan diri
terhadap lingkungan.
b. KRECH dan CRUTCHFIELD
David Krech DAN Richard S. Crutchfield (1969) dalam bukunya
yang berjudul Elelemnts of Psychology merumuskan definsi
kepribadian sebagai berikut : “Personality is the integration of all of
an individual’s characteristics into a unique organization that
determines, and is modified by, his attemps at adaption to his
continually changing environment.”
(Kepribadian adalah integrasi dari semua karakteristik individu ke
dalam suatu kesatuan yang unik yang menentukan, dan yang
dimodifikasi oleh usaha-usahanya dalam menyesuaikan diri terhadap
lingkungan yang berubah terus-menerus)
b. ADOLF HEUKEN, S.J. dkk.
Adolf Heuken S.J. dkk. dalam bukunya yang berjudul Tantangan
Membina Kepribadian (1989 : 10), menyatakan sebagai berikut.
“Kepribadian adalah pola menyeluruh semua kemampuan,
perbuatan serta kebiasaan seseorang, baik yang jasmani,
mental, rohani, emosional maupun yang sosial. Semuanya ini
telah ditatanya dalam caranya yang khas di bawah beraneka
pengaruh dari luar. Pola ini terwujud dalam tingkah lakunya,
dalam usahanya menjadi manusia sebagaimana
dikehendakinya”.
Berdasarkan definisi dari Allport, Kretch dan Crutchfield, serta Heuken
dapat disimpulkan pokok-pokok pengertian kepribadian sebagai berikut.
· Kepribadian merupakan kesatuan yang kompleks, yang terdiri dari
aspek psikis, seperti : inteligensi, sifat, sikap, minat, cita-cita, dst.
serta aspek fisik, seperti : bentuk tubuh, kesehatan jasmani, dst.
· Kesatuan dari kedua aspek tersebut berinteraksi dengan
lingkungannya yang mengalami perubahan secara terus-menerus,
dan terwujudlah pola tingkah laku yang khas atau unik.
Psikologi Kepribadian
· Kepribadian bersifat dinamis, artinya selalu mengalami perubahan,
tetapi dalam perubahan tersebut terdapat pola-pola yang bersifat
tetap.
· Kepribadian terwujud berkenaan dengan tujuan-tujuan yang ingin
dicapai oleh individu.
B. Konsep-konsep yang berhubungan dengan Kepribadian
Ada beberapa konsep yang berhubungan erat dengan kepribadian
bahkan kadang-kadang disamakan dengan kepribadian. Konsep-konsep
yang berhubungan dengan kepribadian adalah (Alwisol, 2005 : 8-9) :
1. Character (karakter), yaitu penggambaran tingkah laku dengan
menonjolkan nilai (banar-salah, baik-buruk) baik secara eksplisit
maupun implisit.
2. Temperament (temperamen), yaitu kepribadian yang berkaitan erat
dengan determinan biologis atau fisiologis.
3. Traits (sifat-sifat), yaitu respon yang senada atau sama terhadap
sekolopok stimuli yang mirip, berlangsung dalam kurun waktu
(relatif) lama.
4. Type attribute (ciri), mirip dengan sifat, namun dalam kelompok
stimuli yang lebih terbatas.
5. Habit (kebiasaan), merupakan respon yang sama dan cenderung
berulang untuk stimulus yang sama pula.
Konsep-konsep di atas sebenarnya merupakan aspek-aspek atau
komponen-komponen kepribadian karena pembicaraan mengenai
kepribadian senantiasa mencakup apa saja yang ada di dalamnya, seperti
karakter, sifat-sifat, dst. Interaksi antara berbagai aspek tersebut kemudian
terwujud sebagai kepribadian.
C. Usaha-usaha Mempelajari Kepribadian
Usaha-usaha untuk mengerti perilaku atau menyingkap kepribadian
manu-sia sudah lama dilakukan dimulai dengan cara yang paling
sederhana, yang tergolong pendekatan nonilmiah, sampai dengan cara-cara
modern atau pendekatan ilmiah.
Dari cara-cara yang sangat sederhana lahirlah pengetahuanpengetahuan
yang bersifat spekulatif, dalam arti kebenarannya tidak bisa
dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Ada beberapa pengetahuan yang
menjelaskan kepribadian secara spekulatif. Pengetahuan seperti ini disebut
Psikologi Kepribadian
juga ilmu semu (pseudo science). Yang termasuk ilmu-ilmu semu antara lain
sebagai berikut (Sumadi Suryabrata, 2005: 7-8).
1. Chirologi, yaitu pengetahuan yang berusaha mempelajari
kepribadian manusia berdasarkan gurat-gurat tangan.
2. Astrologi, adalah pengetahuan yang berusaha menjelaskan
kepribadian atas dasar dominasi benda-benda angkasa terhadap apa
yang sedang sedang terjadi di alam, termasuk waktu kelahiran
seseorang.
3. Grafologi, merupakan pengetahuan yang berusaha menjelaskan
kepri-badian atas dasar tulisan tangan.
4. Phisiognomi, adalah pengetahuan yang berusaha menjelaskan
kepriba-dian atas dasar keadaan wajah.
5. Phrenologi, merupakan pengetahuan yang berusaha menjelaskan
kepri-badian berdasarkan keadaan tengkorak.
6. Onychology, pengetahuan yang berusaha menjelaskan kepribadian
atas dasar keadaan kuku.
Cara mempelajari kepribadian yang dipandang lebih maju (Sumadi
Suryabrata, 2005 : 11) menghasilkan bermacam-macam tipologi.
Sedangkan usaha mempelajari kepribadian dengan pendekatan ilmiah
menghasilkan bermacam-macam teori kepribadian.
Psikologi Kepribadian
TIPOLOGI
A. Pengertian Tipologi
Telah dipaparkan pada bab II bahwa usaha-usaha untuk memahami dan
mnyingkap perilaku dan kepribadian manusia antara lain menghasilkan
pengetahuan yang disebut tipologi. Tipologi adalah pengetahuan yang
berusaha menggolongkan manusia menjadi tipe-tipe tertentu atas dasar
faktor-faktor tertentu, misalnya karakteristik fisik, psikis, pengaruh dominant
nilai-nilai budaya, dst.
B. Macam-macam tipologi.
1. Tipologi Konstitusi
Tipologi konstitusi merupakan tipologi yang dikembangkan atas dasar
aspek jasmaniah. Dasar pemikiran yang dipakai para tokoh tipologi
konstitusi adalah bahwa keadaan tubuh, baik yang tampak berupa bentuk
penampilan fisik maupun yang tidak tampak, misalnya susunan saraf, otak,
kelenjar-kelenjar, darah, dts., menentuan ciri pribadi seseorang.
Ada beberapa ahli yang telah mengembangkan tipologi konstitusi,
diantaranya : Hippocrates dan Gelenus, De Giovani, Viola, Sigaud,
Sheldon, dst. Uraian berikut hanya menyajikan beberapa tipologi
konstitusi.
a. Tipologi Hippocates Gallenus
Tipologi ini dikembangkan Gallenus berdasarkan pemikiran
Hippocates. Hippocrates (460-370 Sm) terpengaruh oleh pandangan
Empedocles, bahwa alam semesta beserta isinya ini tersusun dari 4
unsur dasar yaitu : tanah (kering), air (basah), udara (dingin), dan api
(panas).
Berdasarkan pandangan Empedocles tersebut, selanjutnya
Hippocrates menyatakan bahwa bahwa di dalam tubuh setiap orang
terdapat 4 macam cairan yang memiliki sifat seperti keempat unsur
alam. yaitu :
a. sifat kering dimiliki oleh chole atau empedu kuning,
b. sifat basah dimiliki oleh melanchole atau empedu hitam,
Bab 3
Psikologi Kepribadian
c. sifat dingin terdapat pada phlegma atau lendir,
d. dan sifat panas dimiliki oleh sanguis atau darah.
Menurut Hippocrates, keempat jenis cairan ini ada dalam tubuh
dengan proporsi yang tidak selalu sama antara individu satu dengan
lainnya. Dominasi salah satu cairan tersebut yang menyebabkan
timbulnya ciri-ciri khas pada setiap orang.
Galenus ( 129- 199 sM ) sependapat dengan Hippocrates, bahwa di
dalam tubuh setiap orang terdapat 4 macam cairan tersebut.
Selanjutnya Galenus menyatakan bahwa cairan-carairan tersebut
berada dalam tubuh manusia dalam proporsi tertentu. Dominasi salah
satu cairan terhadap cairan yang lain mengakibatkan sifat-sifat
kejiwaan yang khas. Sifat-sifat kejiwaan yang khas ada pada seseorang
sebagai akibat dominannya salah satu cairan tubuh tersebut oleh
Galenus disebutnya temperamen (Sumadi Suryabrata (2005 : 12).
Pandangan Hippocrates yang kemudian dilengkapi oleh Galenus
selanjutnya disebut tipologi Hippocrates Galenus dapat disajikan secara
ringkas pada tabel berikut (Sumadi Suryabrata, 2005: 13).
TABEL 3.1
TIPOLOGI HIPPOCRATES GALENUS
CAIRAN TUBUH
YANG
DOMINAN
PRINSIP T I P E SIFAT-SIFAT KHAS
Chole Tegangan Choleris · Penuh semangat
· Optimistis
· Emosional
· Keras hati
Melanchole Penegaran
(rigidity)
Melancholis · Pemuram
· Daya juang lemah
· Mudah kecewa
· pesimistis
Psikologi Kepribadian
Phlegma Plastisitas Phlegmatis · Berpenampilan tenang
· Berpendirian kuat
· Setia
· Tidak emosional
Sanguis Ekspansivitas Sanguinis · Bersemangat
· Ramah
· Mudah berubah pendirian
b. Tipologi Viola
Viola, seorang ahli dari Italia, mengemukakan tipologi yang
didasarkan pada bentuk tubuh sebagaimana telah dilakuakn penelitian
oleh De Giovani. Atas dasar aspek tersebut Viola mengemukakan tiga
golongan atau tipe bentuk tubuh manusia (Sumadi Suryabrata,
200518), yaitu :
1)_Tipe Microsplanchnis, yaitu bentuk tubuh yang ukuran
menegaknya lebih dari pada perbandingan biasa, sehingga yang
bersangkutan kelihatan jangkung.
2) Tipe Macrosplanchnis, yaitu bentuk tubuh yang ukuran
mendatarnya lebih dari pada perbandingan biasa, sehingga yang
bersangkutan kelihatan pendek.
3) Tipe Normosplanchnis, yaitu bentuk tubuh yang ukuran
menegak dan mendatarnya selaras, sehingga tubuh kelihatan
selaras pula.
c. Tipologi Sigaud
Sigaud, seorang ahli psikologi dari Perancis, menyusun tipologi
manusia berdasarkan 4 macam fungsi tubuh, yaitu : motorik,
pernafasan, penecernaan, dan susunan saraf sentral. Dominasi salah
satu fungsi tubuhtersebut menentukan tipe kepribadian. Atas dasar
pandangan di ataskemudian Sigaud menggolongkan manusia menjadi
4 tipe, yaitu :
1) Tipe muskuler
Tipe ini dimiliki oleh orang fungsi motoriknya paling menonjol
disbanding fungsi tubuh yang lain, dengan cirri khas : tubuh
Psikologi Kepribadian
kokoh, otott-otot berkembangan dengan baik, dan organ-oragan
tubuh berkembang secara selaras.
2) Tipe respiratoris
Tipe ini ada pada orang yang memiliki fungsi pernafasan yang
kuatdengan cirri-ciri : muka lebar serta thorax dan leher besar.
3) Tipe digestif
Tipe digestif terdapat pada orang yang memiliki fungsi
pencernaan yang kuat dengan cirri-ciri : mata kecil, thorax
pendek dan besar, rahang serta pinggang besar.
4) Tipe cerebral
Tipe keempat dari tipologi Sigaud ada pada orang yang memiliki
susunan saraf sentral yang kuat disbanding fungsi tubuh lainnya
dengan cirri-ciri : dahi menonjol ke depan dengan rambut
ditengah, mata bersinar, daun telinga lebar, serta kaki dan
tangan kecil.
c. Tipologi Sheldon
Sheldon berpendapat bahwa ada tiga komponen jasmaniah yang
mempengaruhi bentuk tubuh manusia, yaitu : endomorphy,
mesimorphy, dan ectomorphy. Istilah-istilah tersebut oleh Sheldon
dikembangkan dari istilah yang berhubungan dengan terbentuknya
foetus manusia, lapisan endoderm, mesoderm, dan ectoderm. Menurut
Sheldon dominasi dari dari salah satu lapisan tersebut akan
menyebabkan kekhasan terhadap bentuk tubuh. Dengan demikian
maka ada 3 tipe manusia berdasarkan bentuk tubuhnya, yaitu :
1) Tipe endomorph,
Tipe endomorph merupakan tipe yang disebabkan oleh
dominannya komponen endomorphy terhadap dua komponen
lainnya, ditandai oleh : alat-alat dalam dan seluruh sistem digestif
memegang peran penting. Bentuk tubuh tipe ini kelihatan lembut,
gemuk, berat badan relatif rendah.
2) Tipe mesomorph
Tipe mesomorph terbentuk oleh karena komponen mesomorphy
yang lebih dominan dari koponen lainnya, maka bagian-bagian
tubuh yang berasal dari mesoderm relatif berkembang lebih baik,
yang ditandai dengan otot-otot, pembuluh darah, dan jantung
dominan. Bentuk tubuh tipe mesomorph kelihatan kokok dan
keras.
Psikologi Kepribadian
3) Tipe ectomorph
Pada tipe ini organ-organ yang berasal dari ectoderm (kulit dan
sistem syaraf) yang terutama berkembang. Bntuk tubuh tipe
ectomorph terlihat jangkung, dada kecil dan pipih, lemah, dan
otot-otot tidak berkembang.
2. Tipologi Temperamen
Tipologi temperamen merupakan tipologi yang disusun berdasarkan
karakteristik segi kejiwaan. Dasar pemikiran yang dipakai para tokoh yang
mengembangkan tipologi temperamen adalah bahwa berbagai aspek
kejiwaan seseorang seperti : emosi, daya pikir, kemauan, dst. Menentukan
karakteristik yang bersangkutan. Yang tergolong tipologi jenis ini antara
lain : tipologi Plato, tipologi Immanual Kant, tipologi Bhsen, Tipologi
Heymans, dst.
a. Tipologi Plato
Menurut Plato kemampuan jiwa manusia terdiri dari 3 macam,
yaitu pikiran, kemauan,dan hasrat. Dominasi salah satu kemampuan
inilah yang menyebabkan kekhasan pada diri manusia. Atas dasar
hal ini Plato menggolongan manusia ke dalam 3 tipe yaitu sebagai
berikut.
1) Tipe manusia yang terutama dikuasai oleh pikirannya, yang
sesuai untuk menjadi pemimpin dalam pemerintahan.
2) Tipe manusia yang terutama dikuasai oleh kemauannya,
sesuai untuk menjadi tentara.
3) Tipe manusia yang dikuasai oleh hasratnya, cocok menjadi
pekerja tangan.
b. Tipologi Heymans
Heymans menyatakan bahwa manusia memiliki tipe kepribadian
yang bermacam-macam, namun dapat digolongkam menjadi
delapan tipe atas dasar kualitas kejiwaannya, yaitu : (1)
emosionalitas, mudah tidaknya perasaan terpengaruh oleh kesankesan;
(2) proses pengiring, yaitu kuat lemahnya kesan-kesan ada
dalam kesadaran setelah faktor yang menimbulkan kesan-kesan
tersebut tidak ada; dan (3) aktivitas, adalah banyak sedikitnya
peristiwa-peristiwa kejiwaan menjelma menjadi tindakan nyata.
Psikologi Kepribadian
Masing-masing kualitas kejiwaan tersebut secara teoritis
dibedakan menjadi dua macam, kuat dan lemah. Atas dasar hal ini
menggolongan tipe manusia menjadi delapan sebagaimana
disajikan dalam tabel berikut ini (Sumadi Suryabrata, 2005: 86).
TABEL 3.2
IKHTISAR TIPOLOGI HEYMANS
NO. EMOSIONALITAS
PROSES
PENGIRING AKTIVITAS TIPE
1`. emosional ( + ) kuat ( + ) aktif ( + ) Gepasioner
2. emosional ( + ) kuat ( + ) pasif ( - ) Sentimentil
3. emosional ( + ) lemah ( - ) a k tif ( + ) Kholeris
4. emosional ( + )
lemah ( - ) pasif ( - ) Nerveus
5. tidak emosional ( - )
kuat ( + ) aktif ( + ) Flegmatis
6. tidak emosional ( - )
kuat ( + ) pasif ( - ) Apatis
7. tidak emosional ( - )
lemah ( - ) aktif ( + ) Sanguinis
8. tidak emosional ( - ) lemah ( - ) pasif ( - ) Amorph
Untuk memperjelas serta memudahkan memahami tipologi yang
dikembangkannya, Heymans memberikan gambar grafik yang
berupa kubus (Sagimun Mulus Dumadi, 1982 : 13 – 14). Ketiga
ukuran (tinggi, lebar, dan panjang) itu menunjukkan sifat-sifat dasar
dari penggolongan itu.
Psikologi Kepribadian
2 TIPE SENTIMENTIL 1 TIPE GEPASIONER
TIPE NERVEUS 4 3 TIPE KHOLERIS
EMOSIONALITAS
6 TIPE APATIS 5 TIPE FLEGMATIS
PROSES PENGIRING
8 AKTIVITAS 7 TIPE SANGUINIS
TIPE AMORPH
Garis-garis tegak menggambarkan emosionalitas (makin
bertambah ke atas).
Garis-garis mendatar menunjukkan aktivitas (semakin ke
kanan).
Garis-garis dari muka kebelakang menunjukkan proses
pengiring (semakin ke belakang).
Teori Heymans disusun bukan atas dasar pemikiran spekulatif
tetapi atas dasar data-data empiris. Data yang dianalisis Heymans
adalah sebagai berikut (Sumadi Suryabrata, 2005: 82-83).
1) Bahan biografis : 110 biografi orang-orang yang berbeda
waktu hidupnya, tempat tinggalnya, dan kebangsaannya.
2) Keturunan mengenai 458 keluarga yang terdiri dari 2523
orang.
Keterangan mengenai murid-murid sekolah : 3938.
3) Hasil penelitian laboratorium.
Gambar 1 : KUBUS HEYMANS
Psikologi Kepribadian
3. Tipologi Berdasarkan Nilai-nilai Kebudayaan
a. Pendahuluan
Tipologi berdasarkan nilai-nilai kebudayaan dikembangkan oleh
Eduard Spranger. Spranger menyatakan bahwa kebudayaan (culture)
merupakan sistem nilai, karena kebudayaan itu tidak lain adalah
kumpulan nilai-nilai budaya yang tersusun atau diatur menurut struktur
tertentu.
Kebudayaan sebagai sistem nilai oleh Spranger di golongkan
menjadi 6 bidang yang secara garis besar dapat dibedakan menjadi
dua kelopok, yaitu :
1) Bidang-bidang yang berhubungan dengan manusia sebagai
individu, yang didalamnya terdapat 4 nilai budaya :
a) pengetahuan
b) ekonomi
c) kesenian
d) keagamaan
2) Bidang-bidang yang berhubungan dengan manusia sebagai
anggota masyarakat, yang didalamnya terdapat 2nilai budaya :
1) kemasyarakatan
2) politik
b. Enam tipe manusia
Berdasarkan pendapat bahwa ada 6 nilai kebudayaan yang
mempengaruhi hidup setiap individu di mana hanya ada 1 nilai
kebudayaan yang pengaruhnya bersifat dominan maka menurut
Spranger terdapat 6 tipe manusia jika dilihat dari sistem nilai
kebudayaan. Tipe-tipe manusia menurut Spranger secara ringkas dapat
disajikan dalam tabel berikut.
Psikologi Kepribadian
TABEL 3.1
TIPOLOGI ATAS DASAR NILAI-NILAI KEBUDAYAAN
NOMOR NILAI KEBUDAYAAN
YANG DOMINAN
TIPE TINGKAH LAKU
DASAR
1.
2.
3
4.
5.
6.
pengetahuan
ekonomi
kesenian
keagamaan
kemasyarakatan
politik
manusia teori
manusia ekonomi
manusia estetis
manusia religius
manusia sosial
manusia kuasa
berpikir
bekerja
menikmati keindahan
memuja
berkorban
berkuasa / memerintah
Psikologi Kepribadian
TEORI-TEORI KEPRIBADIAN
A. Pengertian Teori Kepribadian
Teori merupakan salah satu unsur penting dari setiap pengetahuan ilmiah
atau ilmu, termasuk psikologi kepribadian. Tanpa teori kepribadian usaha
memahami perilaku dan kepribadian manusia pasti sulit untuk dilaksanakan.
Apakah yang dimaksud dengan teori kepribadian ? Menurut Hall dan Lindzey
(Koeswara, 2001 : 5), teori kepriadian adalah sekumpulan anggapan atau
konsep-konsep yang satu sama lain berkaitan mengenai tingkah laku
manusia.
B. Fungsi Teori Kepribadian
Sama seperti teori ilmiah pada umumnya yang memiliki fungsi deskriptif
dan prediktif, begitu juga teori kepribdian. Berikut penjelaskan fungsi deskriptif
dan prediktif dari teori kepribadian.
1. Fungsi Deskriptif
Fungsi deskriptif (menjelaskan atau menggambarkan) merupakan
fungsi teori kepribadian dalam menjelaskan atau menggambarkan
perilaku atau kepribadian manusia secara rinci, lengkap, dan
sistematis. Pertanyaan-pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana
seputar perilaku manusia dijawab melalui fungsi deskriptif.
2. Fungsi Prediktif
Teori kepribadian selain harus bisa menjelaskan tentang apa,
mengapa, dan bagaimana tingkah laku manusia sekarang, juga harus
bisa memperkirakan apa, mengapa, dan bagaimana tingkah laku
manusia di kemudian hari. Dengan demikian teori kepribadian harus
memiliki fungsi prediktif
C. Dimensi-dimensi Teori Kepribadian
Setiap teori kepribadian diharapkan mampu memberikan jawab atas
pertanyaan sekitar apa, mengapa, dan bagaimana tentang perilaku manusia.
Untuk itu setiap teori kepribadian yang lengkap, menurut Pervin (Supratiknya,
1995 : 5-6), biasanya memiliki dimensi-dimensi sebagai berikut :
Bab 4
Psikologi Kepribadian
1. Pembahasan tentang struktur, yaitu aspek-aspek kepribadian yang
bersifat relatif stabil dan menetap, serta yang merupakan unsur-unsur
pembentuk sosok kepribadian.
2. Pembahasan tentang proses, yaitu konsep-konsep tentang motivasi
untuk menjelaskan dinamika tingkah laku atau kepribadian.
3. Pembahasan tentang pertumbuhan dan perkembangan, yaitu aneka
perubahan pada struktur sejak masa bayi sampai mencapai
kemasakan, perubahan-perubahan pada proses yang menyertainya,
serta berbagai faktor yang menentukannya.
4. Pembahasan tentang psikopatologi, yaitu hakikat gangguan
kepribadian atau tingkah laku beserta asal-usul atau proses
perkembangannya.
5. Pembahasan tentang perubahan tingkah laku, yaitu konsepsi tentang
bagaimana tingkah laku bisa dimodifikasi atau diubah.
D. Anggapan-anggapan Dasar tentang Manusia
Setiap orang, termasuk teoris kepribadian, memiliki anggapan-anggapan
dasar (basic assumtions) tertentu tentang manusia yang oleh George Boeree
disebut asumsi-asumsi filosofis (Boeree, 2005 : 23). Anggapan-anggapan
dasar yang diperoleh melalui hubungan pribadi atau pengalamanpengalaman
sosial ini secara nyata akan mempengaruhi persepsi dan
tindakan manusia terhadap sesamanya. Dalam konteks para teoris
kepribadian, anggapan-anggapan dasar ini mempengaruhi konstruksi dan isi
teori kepribadian yang disusunnya.
Anggapan-anggapan dasar tentang manusia yang mempengaruhi atau
mewarnai teori-teori kepribadian adalah sebagai berikut.
1. Kebebasan – ketidak bebebasan
2. Rasionalitas – irasionalitas
3. Holisme – elementalisme
4. Konstitusionalisme – environmentalisme
5. Berubah – tidak berubah
6. Subjektivitas – objektivitas
7. Proaktif – reaktif
8. Homeostatis – heterostatis
9. Dapat diketahui – tidak dapat diketahui
Psikologi Kepribadian
D. Klasifikasi Teori-teori Kepribadian
Dewasa ini telah banyak teori-teori kepribadian untuk memudahkan
mempelajari para ahli telah mengklasifikasikan teori-teori tersebut ke dalam
beberapa kelompok dengan menggunakan acuan tertentu yaitu paradigma
yang dipakai untuk mengembangkannya. Boeree (2005 : 29) menyatakan
bahwa ada 3 orientasi atau kekuatan besar dalam teori kepribadian, yaitu :
1. Psikoanalisis beserta aliran-aliran yang dikembangkan atas paradigma
yang sama atau hampir sama, yang dipandang sebagai kekuatan
pertama.
2. Behavioristik yang dipandang sebagai kekuatan kedua.
3. Humanistik, yang dinyatakan sebagai kekuatan ketiga
Psikologi Kepribadian
KEPRIBADIAN MENURUT
PARADIGMA PSIKODINAMIKA
A. Pendahuluan
Teori psikodinamika atau tradisi klinis berangkat dari dua asumsi dasar.
Pertama, manusia adalah bagian dari dunia binatang. Kedua, manusia
adalah bagian dari sistem enerji. Kunci utama untuk memahami manusia
menurut paradigma psikodinamika adalah mengenali semua sumber
terjadinya perilaku, baik itu berupa dorongan yang disadari maupun yang
tidak disadari.
Teori psikodinamika ditemukan oleh Sigmund Freud (1856-1939). Dia
memberi nama aliran psikologi yang dia kembangkan sebagai psikoanalisis.
Banyak pakar yang kemudia ikut memakai paradigma psikoanalisis untuk
mengembangkan teori kepribadiannya, seperti : Carl Gustav Jung, Alfred
Adler, serta tokoh-tokoh lain seperti Anna Freud, Karen Horney, Eric
Fromm, dan Harry Stack Sullivan. Teori psikodinamika berkembang cepat
dan luas karena masyarakat luas terbiasa memandang gangguan tingkah
laku sebagai penyakit (Alwisol, 2005 : 3-4).
Ada beberapa teori kepribadian yang termasuk teori psikodinamika, yaitu :
psikoanalisis, psikologi individual, psikologi analitis, dan neo freudianisme.
Berikut ini dikemukakan pokok-pokok dari teori psikoanalisis, psikologi
individual, dan psikologi analitis.
B. Teori Psikoanalisis
Teori Psikoanalisis dikembangkan oleh Sigmund Freud. Psikoanalisis
dapat dipandang sebagai teknik terapi dan sebagai aliran psikologi. Sebagai
aliran psikologi, psikoanalisis banyak berbicara mengenai kepribadian,
khususnya dari segi struktur, dinamika, dan perkembangannya.
1. Struktur Kepribadian
Menurut Freud (Alwisol, 2005 : 17), kehidupan jiwa memiliki tga
tingkat kesadaran, yaitu sadar (conscious), prasadar (preconscious),
dan tak sadar (unconscious). Sampai dengan tahun 1920an, teori
tentang konflik kejiwaan hanya melibatkan ketiga unsur tersebut. Baru
pada tahun 1923 Freud mengenalkan tiga model struktural yang lain,
yaitu das Es, das Ich, dan das Ueber Ich. Struktur baru ini tidak
Bab 5
Psikologi Kepribadian
mengganti struktur lama, tetapi melengkapi gambaran mental terutama
dalam fungsi dan tujuannya (Awisol, 2005 : 17).
Freud berpendapat bahwa kepribadian merupakan suatu sistem
yang terdiri dari 3 unsur, yaitu das Es, das Ich, dan das Ueber Ich
(dalam bahasa Inggris dinyatakan dengan the Id, the Ego, dan the
Super Ego), yang masing memiliki asal, aspek, fungsi, prinsip operasi,
dan perlengkapan sendiri. Ketiga unsur kepribadian tersebut dengan
berbagai dimensinya disajikan dalam tabel berikut.
TABEL 5.1
STRUKTUR KEPRIBADIAN
NO.
UNSUR
DIMENSI
DAS ES
( the Id )
DAS ICH
( the Ego )
DAS UEBER ICH
( the Super Ego )
1. ASAL pembawaan hasil interaksi
dengan
lingkungan
Hasil internalisasi
nilai-nilai dari figur
yang berpengaruh
2. ASPEK biologis psikologis sosiologis
3.
FUNGSI mempertahankan
konstansi
mengarahkan individu
pada realitas
1. Sebagai pengendali
Das Es.
2. Mengarahkan
das Es das
Ich pada perilaku
yang lebih
bermoral.
4. PRINSIP OPERASI pleasure principle reality principle morality principle
5. PERLENGKAPAN 1) refleks
2) proses primer
proses sekunder 1) conscientia
2) Ich ideal
Psikologi Kepribadian
2. Dinamika Kepribadian
a Distribusi enerji
Dinamika kepribadian, menurut Freud bagaimana energi
psikis didistribusikan dan dipergunakan oleh das Es, das Ich, dan
das Ueber Ich. Freud menyatakan bahwa enerji yang ada pada
individu berasal dari sumber yang sama yaitu makanan yang
dikonsumsi. Bahwa enerji manusia dibedakan hanya dari
penggunaannya, enerji untuk aktivitas fisik disebut enerji fisik, dan
enerji yang dunakan untuk aktivitas psikis disebut enerji psikis.
Freud menyatkan bahwa pada mulanya yang memiliki enerji
hanyalah das Es saja. Melalui mekanisme yang oleh Freud disebut
identifikasi, energi tersebut diberikan oleh das Es kepada das Ich
dan das Ueber Ich. Mekanisme perpindahan energi psikis dari das
Es ked as Ich dapat digambarkan dengan bagan sebagai berikut.
MEMUASKAN INSTINK
PROSES - PROSES PSIKOLOGIS
ENERGI (mengamati, berpikir, mengingat, dst)
identifikasi
MEMBENTUK PEMILIHAN OBJEK BARU
MENGINTEGRASIKAN KE TIGA
Anti cathexis ASPEK KEPRIBADIAN
(fungsi eksekutif)
b Mekanisme pertahanan ego
Menurut Freud, mekanisme pertahanan ego (ego defence
mechanism) sebagai strategi yang digunakan individu untuk
mencegah kemunculan terbuka dari dorongan-dorngan das Es
maupun untuk menghadapi tekanan das Uber Ich atas das Ich,
dengan tujuan kecemasan yang dialami individu dapat dikurangi
atau diredakan (Koeswara, 1991 : 46).
DAS ES DAS ICH
Bagan 1 : MEKANISME PERPINDAHAN ENERJI
Psikologi Kepribadian
Freud menyatakan bahwa mekanisme pertahanan ego itu adalah
mekanisme yang rumit dan banyak macamnya. Berikut ini 7 macam
mekanisme pertahanan ego yang menurut Freud umum dijumpai
(Koeswara, 2001 : 46-48).
1) Represi, yaitu mekanisme yang dilakukan ego untuk meredakan
kecemasan dengan cara menekan dorongan-dorongan yang
menjadi penyebab kecemasan tersebut ke dalam ketidak
sadaran.
2) Sublimasi, adalah mekanisme pertahanan ego yang ditujukan
untuk mencegah atau meredakan kecemasan dengan cara
mengubah dan menyesuaikan dorongan primitif das Es yang
menjadi penyebab kecemasan ke dalam bentuk tingkah laku
yang bisa diterima, dan bahkan dihargai oleh masyarakat.
3) Proyeksi, adalah pengalihan dorongan, sikap, atau tingkah laku
yang menimbulkan kecemasan kepada orang lain.
4) Displacement, adalah pengungkapan dorongan yang
menimbulkan kecemasan kepada objek atau individu yang
kurang berbahaya dibanding individu semula.
5) Rasionalisasi, menunjuk kepada upaya individu
memutarbalikkan kenyataan, dalam hal ini kenyataan yang
mengamcam ego, melalui dalih tertentu yang seakan-akan
masuk akal. Rasionalissasi sering dibedakan menjadi dua :
sour grape technique dan sweet orange technique.
6) Pembentukan reaksi, adalah upaya mengatasi kecemasan
karena insdividu memiliki dorongan yang bertentangan dengan
norma, dengan cara berbuat sebaliknya.
7) Regresi, adalah upaya mengatasi kecemasan dengan bertinkah
laku yang tidak sesuai dengan tingkat perkembangannya.
3. Perkembangan Kepribadian
a. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian
Perkembangan kepribadian individu menurut Freud, dipengauhi
oleh kematangan dan cara-cara individu mengatasi ketegangan.
Menurut Freud, kematangan adalah pengaruh asli dari dalam diri
manusia.
Ketegangan dapat timbul karena adanya frustrasi, konflik, dan
ancaman. Upaya mengatasi ketegangan ini dilakukan individu
dengan : identifikasi, sublimasi, dan mekanisme pertahanan ego.
Psikologi Kepribadian
b. Tahap-tahap perkembangan kepribadian
Menurut Freud, kepribadian individu telah terbentuk pada akhir
tahun ke lima, dan perkembangan selanjutnya sebagian besar
hanya merupakan penghalusan struktur dasar itu. Selanjutnya Freud
menyatakan bahwa perkembangan kepribadian berlangsung melalui
6 fase, yang berhubungan dengan kepekaan pada daerah-daerah
erogen atau bagian tubuh tertentu yang sensitif terhadap
rangsangan. Ke enam fase perkembangan kepribadian adalah
sebagai berikut (Sumadi Suryabrata, 2005 : 172-173).
1) Fase oral (oral stage): 0 sampai kira-kira 18 bulan
Bagian tubuh yang sensitif terhadap rangsangan adalah
mulut.
2) Fase anal (anal stage) : kira-kira usia 18 bulan sampai 3
tahun.
Pada fase ini bagian tubuh yang sensitif adalah anus.
3) Fase falis (phallic stage) : kira-kira usia 3 sampai 6 tahun.
Bagian tubuh yang sensitif pada fase falis adalah alat kelamin.
4) Fase laten (latency stage) : kira-kira usia 6 sampai pubertas
Pada fase ini dorongan seks cenderung bersifat laten atau
tertekan.
5) Fase genital (genital stage) : terjadi sejak individu
memasuki pubertas dan selanjutnya. Pada masa ini individu
telah mengalami kematangan pada organ reproduksi.
C. Teori Psikologi Individual
1. Pendahuluan
Tokoh yang mengembangkan teori psikologi individual adalah Alfred
Adler (1870-1937), yang pada mulanya bekerja sama dengan dalam
mengembangkan psikoanalisis. Karena ada perbedaan pendapat yang
tidak bisa diselesaikan akhirnya Adler keluar dari organisasi psikoanalisis
dan bersama pengikutnya dia mengembangkan aliran psikologi yang dia
sebut Psikologi Individual (Idividual Psychology).
2. Konsepsi-konsepsi Psikologi Individual
Menurut Adler manusia itu dilahirkan dalam keadaan tubuh yang
lemah. Kondisi ketidak berdayaan ini menimbulkan perasaan inferior
(merasa lemah atau tidak mampu) dan ketergantungab kepada orang lain.
Psikologi Kepribadian
Manusia, menurut Adler, merupakan makhluk yangh saling tergantung
secara sosial. Perasaan bersatu dengan orang lain ada sejak manusia
dilahirkan dan menjadi syarat utama kesehatan jiwanya. Berdasarkan
paradigma tersebut kemudian Adler mengembangkan teorinya yang
secara ringkas disajikan pada uraian berikut.
a. Individualitas sebagai pokok persoalan
Adler menekankan pentingnya sifat khas (unik) kepribadian,
yaitu individualitas. Menurut Adler setiap orang adalah suatu
konfigurasi motif-motif, sifat-sifat, serta nilai-nilai yang khas, dan
setiap perilakunya menunjukkan corak khas gaya kehidupannya
yang bersifat individual.
b Dua dorongan pokok
Dalam diri setiap individu terdapat dua dorongan pokok, yang
mendorong serta melatar belakangi segala perilakunya, yaitu :
1) Dorongan kemasyarakatan, yang mendorong manusia
bertindak untuk kepentingan orang lain;
2) Dorongan keakuan, yang mendorong manusia bertindak untuk
kepentingan diri sendiri.
c. Perjuangan menjadi sukses atau ke arah superior
Individu memulai hidupnya dengan kelemahan fisik yang
menimbulkan perasaan inferior. Perasaan inilah yang kemudian
menjadi pendorong agar dirinya sukses dan tidak menyerah pada
inferioritasnya.
d. Gaya hidup (style of life)
Menurut Adler setiap orang memiliki tujuan, merasa inferior,
berjuang menjadi superior. Namun setiap orang berusaha
mewujudkan keinginan tersebut dengan gaya hidup yang berbedabeda.
Adaler menyatakan bahwa gaya hidup adalah cara yang
unik dari setiap orang dalam berjuang mencapai tujuan khusus
yang telah ditentukan oleh yang bersangkutan dalam kehidupan
tertentu di mana dia berada (Alwisol, 2005 : 97).
Psikologi Kepribadian
e. Minat sosial (social interest)
Adler berpendapat bahwa minat sosial adalah bagian dari
hakikat manusia dalam dalam besaran yang berbeda muncul pada
tingkah laku setiap orang. Minat sosial membuat individu mampu
berjuang mengejar superioritas dengan cara yang sehat dan tidak
tersesat ke salah suai. Bahwa semua kegagalan, neurotik, psikotik,
kriminal, pem,abuk, anak bermasalah, dst., menurut Adler, terjadi
karena penderita kurang memiliki minat sosial.
f. Kekuatan krestif self (creative power of the self)
Self kreatif merupakan puncak prestasi Adler sebagai teoris
kepribadian (Awisol, 2005 : 98). Menurut Adler, self kreatif atau
kekuatan kreatif adalah kekuatan ketiga yang paling menentukan
tingkah laku (kekutatan pertama dan kedua adalah hereditas dan
lingkungan).
Self kreatif, menurut Adler, bersifat padu, konsisten, dan
berdaulat dalam struktur kepribadian. Keturunan kekmberi
kemampuan tertentu, lingkungan memberi imresi atau kesan
tertentu. Self kreatif adalah sarana yang mengolah fakta-fakta
dunia dan menstranformasikan fakta-fakta itu menjadi kepribadian
yang bersifat subjektif, dinamis, menyatu, personal dan unik. Self
kreatif memberi arti kepada kehidupan, menciptakan tujuan
maupun sarana untuk mencapainya.
g. Konstelasi keluarga
Konstelasi berpengaruh dalam pembentukan kepribadian.
Menurt Adler, kepribadian anak pertama, anak tengah, anak
terakhir, dan anak tunggal berbeda, karena perlakuan yang
diterima dari orang tua dan saudara-saudara berbeda.
h. Posisi tidur dan kepribadian
Hidup kejiwaan merupakan kesatuan antara aspek jiwa dan
raga dan tercermin dalam keadaan terjada maupun tidur. Dari
observasi yang telah dilakukan terhadap para pasiennya Adler
menarik kesimpulan bahwa ada hubungan posisi tidur seseorang
dengan kepribadiannya.
1) Tidur terlentang, menunjukkan yang bersangkutan memiliki
sifat pemberani dan bercita-cita tinggi.
Psikologi Kepribadian
2) Tidur bergulung (mlungker), menunjukkan sifat penakut dan
lemah dalam mengambil keputusan.
3) Tidur mengeliat tidak karua, menunjukkan yang
bersangkutan memiliki sifat yang tidak teratur, semborno,
dst.
4) Tidur dengan kaki di atas bantal, menunjukkan orang ini
menyukai petualangan.
5) Tidur dilakukan dengan mudah, berarti proses penyesuaian
dirinya baik.
D. Teori Psikologi Analitis
1. Pendahuluan
Psikologi analitis merupakan aliran psikologi dinamis yang
dikembangkan oleh Carl Gustav Jung (1975 – 1959). Sama halnya
dengan Adler, Jung semula juga merupakan sahabat Freud dan
termasuk tokoh terkemuka dalam organisasai psikoanalisis. Dan kerana
perbedaan pendapat pula keduanya lalu berpisah. Jung kemudian
mengembangkan aliran psikologi yang dia beri nama Psikologi Analistis.
2. Pokok-pokok Teori Carl Gustav Jung
a. Struktur kepribadian
Kepribadian atau psyche (istilah yang dipakai Jung untuk
kepribadian) tersusun dari sejumlah sistem yang beroperasi dalam
tiga tingkat kesadaran : ogo beroperasi pada tingkat sadar, kompleks
beroperasi pada tingkat tak sadar pribadi, dan arsetip beroperasi pada
tingkat tak sadar kolektif.
Disamping sistem-sistem yang terkait dengan daerah operasinya
masing-masing, terdapat sikap jiwa (introvert dan ekstravert) dan
fungsi jiwa (pikiran, perasaan, pengidraan, dan intuisi).
1) Sikap jiwa, adalah arah enerji psikis (libido) yang menjelma
dalam bentuk orientasi manusia terhadap dunianya. Sikap
jiwa dibedakan menjadi :
a) Sikap ekstrovert
libido mengalir keluar
minatnya terhadap situasi sosial kuat
suka bergaul, ramah, dan cepat menyesuaikan diri
Psikologi Kepribadian
dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain
berkipun ada masalah.
b) Sikap introvert
libido mengalir ke dalam, terpusat pada faktor-faktor
subjektif
cenderung menarik diri dari lingkungan
lemah dalam penyesuaian sosial
lebih menyukai kegiatan dalam rumah
2) Fungsi jiwa, adalah suatu bentuk aktivitas kjiwaan yang
secara teoritis tetap meskipun lingkungannya berbeda-beda.
Fungsi jiwa dibedakan menjadi dua ;
a) Fungsi jiwa rasional, adalah fungsi jiwa yang bekerja
dengan penilaian dan terdiri dari :
· pikiran : menilai benar atau salah
· perasaan : menilai menyenangkan atau tak
menyenangkan
b) Fungsi jiwa yang irasional, bekerja tanpa penilaian dan
terdiri dari :
· pengideraan : sadar indrawi
· intuisi : tak sadar naluriah
Menurut Jung pada dasarnya setiap individu memiliki
keempat fungsi jiwa tersebut, tetapi biasanya hanya
salah satu fungsi saja yang berkembang atau dominan.
Fungsi jiwa yang berkembang paling meonjol tersebut
merupakan fungsi superior dan menentukan tipe individu
yang bersangkutan.
b Dinamika kepribadian
Jung menyatakan bahwa kepribadian atau psyche bersifat
dinamis dengan gerak yang terus-menerus. Dinamika psyche
tersebut disebabkan oleh enerji psikis yang oleh Jung disebut libido.
Dalam dinamika psyche terdapat prinsip-prinsip sebagai berikut
(Alwisol, 2005 : 65).
Psikologi Kepribadian
1) Prinsip oposisi
Berbagai sistem, sikap, dan fungsi kepribadian saling
berinteraksi dengan tiga cara, yaitu : saling bertentangan
(oppose), saling mendukung (compensate), dan bergabung
mejnadi kesatuan (synthese).
Menurut Jung, prinsip oposisi paling sering terjadi karena
kepribadian berisi berbagai kecenderungan konflik. Oposisi
juga terjadi antar tipe kepribadian, ekstraversi lawan introversi,
pikiran lawan perasaa, dan penginderaan lawan intuisi.
2) Prinsip kompensasi
Prinsip ini berfungsi untuk menjada agar kepribadian tidak
mengalami gangguan. Misalnya bila sikap sadar mengalami
frus-trasi, sikap tak sadar akan mengambil alih. Ketika individu
tidak dapat mencapai apa yang dipilihnya, dalam tidur sikap
tak sadar mengambil alih dan muncullah ekpresi mimpi.
3) Prinsip penggabungan
Menurut Jung, kepribadian terus-menerus berusaha
menyatukan pertentangan-pertentangan yang ada agar
tercapai kepribadian yang seimbang dan integral.
c Perkembangan kepribadian
Carl Gustav Jung menyatakan bahwa manusia selalu maju
atau mengejar kemajuan, dari taraf perkembangan yang kurang
sempurna ke taraf yang lebih sempurna. Manusia juga selalu
berusaha mencapai taraf diferensiasi yang lebih tinggi.
1) Tujuan perkembangan : aktualisasi diri
Menurut Jung, tujuan perkembangan kepribadian adalah
aktuali-sasi diri, yaitu diferensiasi sempurna dan saling
hubungan yang selaras antara seluruh aspek kepribadian.
2) Jalan perkembangan : progresi dan regresi
Dalam prose perkembangan kepribadian dapat terjadi
gerak maju (progresi) atau gerak mundur (regresi).
Progresi adalah terjadinya penyesuaian diri secara
Psikologi Kepribadian
memuaskan oleh aku sadar baik terhadap tuntutan dunia
luar mapun kebutuhan-kebutuhan alam tak sadar.
Apabila progesi terganggu oleh sesuatu sehingga libido
terha-langi untuk digunakan secara progresi maka libido
membuat regresi, kembali ke fase yang telah dilewati atau
masuk ke alam tak sadar.
3) Proses individuasi
Untuk mencapai kepribadian yang sehat dan terintegrasi
secara kuat maka setiap aspek kepribadian harus
mencapai taraf diferensiasi dan perkembangan yang
optimal. Proses untuk sampai ke arah tersebut oleh Jung
dinamakan proses individuasi atau proses penemuan diri.
Psikologi Kepribadian
KEPRIBADIAN MENURUT
ORIENTASI BEHAVIORISTIK
A. Pendahuluan
Behaviorisme merupakan sebuah aliran dalam psikologi yang didirikan
oleh J.B. Watson. Sama halnya dengan psikoanalisis, behaviorisme juga
merupakan aliran yang revolusioner, kuat dan berpengaruh serta memiliki
akar sejarah yang cukup dalam. Selain Watson ada beberapa orang yang
dipandang sebagai tokoh behaviorsime, diantaranya adalah Ivan Pavlov, E.L.
Thorndika, B.F. Skinner, dll. Namun demikian bila orang berbicara
kepribadian atas dasar orientasi behevioristik maka nama yang senantiasa
disebut adalah Skinner mengingat dia adalah tokoh behaviorisme yang paling
produktif dalam mengemukakan gagasan dan penelitian, paling
bewrpengaruh, serta paling berani dan tegas dalam menjawab tantangan dan
kritik-kritik atas behaviorisme (Koeswara, 2001 : 69).
Paradigma yang dipakai untuk membangun teori behavioristik adalah
bahwa tingkah laku manusia itu fungsi stimulus, artinya determinan tingkah
laku tidak berada di dalam diri manusia tetapi bearada di lingkungan (Alwisol,
2005 : 7). Pavlov, Skinner, dan Watson dalam berbagai eksperimen
mencoba menunjukkan betapa besarnya pengaruh lingkungan terhadap
tingkah laku. Semua tingkah laku termasuk tingkah laku yang tidak
dikehendaki, menurut mereka, diperoleh melalui belajar dari lingkungan.
B. Teori Kepribadian Skinner
1. Asumsi yang Dipakai Skinner
Skinner menjelaskan perilaku manusia dengan tiga asumsi dasar, di
mana asumsi pertama dan kedua pada padasarnya menjadi asumsi
psikologi pada umumnya, bahkan juga merupakan asumsi semua
pendekatan ilmiah (Alwisol, 2005 : 400). Ketiga asumsi tersebut adalah :
a.. Tingkah laku itu mengikuti hukum tertentu (behavior is lawful).
Ilmu adalah usaha untuk menbemukan keteraturan, menunjukkan
bahwa peristiwa tertentu berhubungan secara teratur dengan
peristiwa lain.
Bab 6
Psikologi Kepribadian
b. Tingkah laku dapat diramalkan (behavior can be predicted).
Ilmu bukan hanya menjelaskan tetapi juga meramalkan. Bukan
hanya menangani peristiwa masa lalu tetapi juga masa yang akan
dating. Teori yang berdaya guna adalah yang memungkinkan
dilakukannya prediksi mengenai tingkah laku yang akan dating dan
menguji prediksi itu.
c. Tingkah laku dapat decontrol (behavior can be controlled).
Ilmu dapat melakukan antisipasi dan menentukan / membentuk
tingkah laku seseorang .
2. Pokok-pokok Pandangan Skinner
a. Struktur kepribadian
Skinner tidak tertarik dengan variable structural dari kepribadian.
Mnurutnya, mungkin dapat diperoleh illusi yang menjelaskan dan
memprediksi tingkah laku berdasarkan faktor-faktor yang tetap dalam
kepribadian, tetapi tingkah laku hanya dapat diubah dan dikendalikan
dengan mengubah lingkungan. Sedangkankan unsur kepribadian yang
dipandangnya relatif tetap adalah tingkah laku itu sendiri. Menurut
Skinner ada dua klasifikasi tingkah laku yaitu :
1) Tingkah laku responden (respondent behavior), adalah respon
yang dihasilkan (elicited) organisme untuk menjawab stimulus
yang secara spesifik berhubungan dengan respon itu.
2) Tingkah laku operan (operant behavior), adalah respon yang
dimunculkan (emittes) organisme tanpa adanya stimulus spesifik
yang langsung memaksa terjadinya respon itu.
Bagi Skinner, faktor motivasional dalam tingkah laku bukan elemen
struktural. Dalam situasi yang sama tingkah laku seseorang bisa
berbeda-beda kekuatan dan keringan munculnya. Dan itu bukan karena
kekuatan dari dalam diri individu atau motivasi. Menurut Skinner variasi
kekuatan tingkah laku tersebut disebabkan oleh pengaruh lingkungan.
b. Dinamika kepribadian
1) Kepribadian dan belajar
· Kepedulian utama Skinner berkenaan dengan kepribadian adalah
mengenai perubahan tingkah laku. Hakikat toeri Skinner adalah
teori belajar, bagaimana individu memiliki tingkah laku baru,
menjadi lebih terampil, menjadi lebih tahu dan mampu, dst.
Psikologi Kepribadian
· Menurut Skinner kepribadian dapat dipahami dengan mempertimbangkan
perkembangan tingkah laku dalam hubungannya
yang terus-menerus dengan lingkungannya. Cara yang efektif
untuk mengubah dan mengontrol tingkah laku adalah dengan
melakukan penguatan (reinforcement) .
Dalam teori Skinner penguatan dianggap sangat penting untuk
membentuk tingkah laku. Menurut Skinner, ada dua macam
penguatan :
Reinforcement positif, yaitu efek yang menyebabkan tingkah
laku diperkuat atau sering dilakukan.
Reinforcement negatif, yaitu efek yang menyebabkan tingkah
laku diperlemah atau tidak diulangi lagi.
2) Pembentukan perilaku dan perilaku berantai
Dalam melatih suatu perilaku., Skinner mengemukakan istilah
shaping, yaitu upaya secara bertahap untuk membentuk perilaku,
mulai dari bentuk yang paling sederhana sampai bentuk yang paling
kompleks. Menurut Skinner terdapat 2 unsur dalam pengertian
shaping, yaitu :
· Adanya penguatan secara berbeda-beda (diffrential
reinforcement), yaitu ada respon yang diberi penguatan dan
ada yang tidak diberi penguatan.
· Upaya mendekat terus-menerus (successive approximation)
yang mengacu pada pengertian bahwa hanya respon yang
sesuai dengan harapan eksperimenter yang diberi penguat.
Psikologi Kepribadian
KEPRIBADIAN MENURUT
PSIKOLOGI HUMANISTIK
A. Pendahuluan
Istilah psikologi humanistik (Humanistic Psychology) diperkenalkan oleh
sekelompok ahli psikologi yang pada awal tahun 1960-an bekerja sama di
bawah kepemimpinan Abraham Maslow dalam mencari alternatif dari dua
teori yang sangat berpengaruh atas pemikiran intelektual dalam psikologi.
Kedua teori yang dimaksud adalah psikoanalisis dan behaviorisme. Maslow
menyebut psikologi humanistik sebagai “kekuatan ketiga” (a third force).
Meskipun tokoh-tokoh psikologi humanistik memiliki pandangan yang
berbeda-beda, tetapi mereka berpijak pada konsepsi fundamental yang
sama mengenai manusia, yang berakar pada salah satu aliran filsafat
modern, yaitu eksistensialisme. Manusia, menurut eksistensialisme adalah
hal yang mengada-dalam dunia (being-in-the-world), dan menyadari penuh
akan keberadaannya (Koeswara, 2001 : 113). Eksistensialisme menolak
paham yang menempatkan manusia semata-mata sebagai hasil bawaan
ataupun lingkungan. Sebaliknya, para filsuf eksistensialis percaya bahwa
setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih tindakan, menentukan
sendiri nasib atau wujud dari keberadaannya, serta bertanggung jawab atas
pilihan dan keberadaannya.
B. Pokok-pokok Teori Abraham Maslow
Oleh karena eksistensialisme menekankan pada anggapan bahwa
manusia memiliki kebebasan dan bertanggung jawab bagi tindakantindakannya,
maka pandanganpandangan eksistensialisme menarik bagi
para ahli psikologi humanistik dan selanjutnya dijadikan landasan teori
psikologi humanistik. Adapun pokok-pokok teori psikologi humanistik yang
dikembangkan oleh Maslow adalah sebagai berikut (Koeswara, 2001 :112-
118 dan Alwisol 2005 : 252-270)
1. Prinsip holistik
Menurut Maslow, holisme menegaskan bahwa organisme selalu
berting-kah laku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai
rangkaian bagian atau komponen yang berbeda. Jiwa dan tubuh
bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari suatu kesatuan, dan
Bab 7
Psikologi Kepribadian
apa yang terjadi pada bagian yang satu akan mempengaruhi bagian
yang lain. Pandangan holistik dalam kepribadian, yang terpenting
adalah :
a. Kepribadian normal ditandai dengan unitas, integrasi,
konsistensi, dan koherensi. Organisasi adalah keadaan normal
dan disorganisasai adalah keadaan patologis (sakit).
b. Organisme dapat dianalisis dengan membedakan tiap
bagiannya, tetapi tidak ada bagian yang dapat dipelajari dalam
isolasi.
c. Organisme memiliki suatu dorongan yang berkuasa, yaitu
aktualisasi diri.
d. Pengaruh lingkungan eksternal pada perkembangan normal
bersifat minimal. Potensi organisme jika bisa terkuak di
lingkungan yang tepat akan menghasilkan kepribadian yang
sehat dan integral.
e. Penelitian yang komprehensif terhadap satu orang lebih
berguna dari pada penelitian ekstensif terhadap banyak orang
mengenai fungsi psikologis yang diisolasi.
2. Individu adalah penentu bagi tingkah laku dan pengalamannya
sendiri. Manusia adalah agen yang sada, bebas memilih atau
menentukan setiap tindakannya. Dengan kata lain manusia adalah
makhluk yang bebas dan bertanggung jawab.
3. Manusia tidak pernah diam, tetapi selalu dalam proses untuk
menjadi sesuatu yang lain dari sebelumnya (becoming).
Namun demikian perubahan tersebut membutuhkan persyaratan,
yaitu adanya lingkungan yang bersifat mendukung.
4. Individu sebagai keseluruhan yang integral, khas, dan
terorganisasi.
5. Manusia pada dasarnya memiliki pembawaan yang baik atau
tepatnya netral.
Kekuatan jahat atau merusak pada diri manusia merupakan hasil atau
pengaruh dari lingkungan yang buruk, dan bukan merupakan bawaan.
Psikologi Kepribadian
6. Manusia memiliki potensi kreatif yang mengarahkan manusia
kepada pengekspresian dirinya menjadi orang yang memiliki
kemampuan atau keistimewaan dalam bidang tertentu.
7. Self-fulfillment merupakan tema utama dalam hidup manusia.
8. Manusia memiliki bermacam-macam kebutuhan yang secara
hirarki dibedakan menjadi sebagai berikut (Boeree, 2004)
(1) kebutuhan-kebutuhan fisiologis (the physiological needs)
(2) kebutuhan akan rasa aman (the safety and security needs)
(3) kebutuhan akan cinta dan memiliki (the love and belonging
needs)
(4) kebutuhan akan harga diri (the esteem needs)
(5) kebutuhan akan aktualisasi diri (the self-actualization needs)
Gambar 2 : PIRAMIDA KEBUTUHAN MANUSIA
Psikologi Kepribadian
C. Teori Carl Rogers
1. Pendahuluan
Tokoh psikologi humanistik selain Abraham Maslow, adalah Carl
Rogers. Rogers (1902-1987) menjadi terkenal berkat metoda terapi yang
dikembangkannya, yaitu terapi yang berpusat pada klien (client-centered
therapy). Tekniknya tersebar luas di kalangan pendidikan, bimbingan,
dan pekerja sosial. Rogers sangat kuat memegang asumsinya bahwa
manusia itu bebas, rasional, utuh, mudah berubah, subjektif, proaktif,
heterostatis, dan sukar dipahami (Alwisol, 2005 : 333).
2. Pokok-pokok Teori Carl Rogers
a. Struktur kepribadian
Rogers lebih mementingkan dinamika dari pada struktur
kepribadian. Namun demikian ada tiga komponen yang dibahas bila
bicara tentang struktur kepribadian menurut Rogers, yaitu : organisme,
medan fenomena, dan self.
1) Organime, mencakup :
a) Makhluk hidup
Organisme adalah makhluk ;lengkap dengan fungsi fisik dan
psikologisnya, tempat semua pengalaman dan segala sesuatu
yang secara potensial terdapat dalam kesadar setiap saat.
b) Realitas subjektif
Organisme menanggapi dunia seperti yang diamati atau
dialaminya. Realita adalah medan persepsi yang sifatnya
subjektif, bukan benar-salah.
c) Holisme
Organisme adalah kesatuan sistem, sehingga perubahan
pada satu bagian akan mempengaruhi bagian lain. Setiap
perubahan memiliki makna pribadi atau bertujuan, yakni
tujuan mengaktualisasi, mempertahankan, dan
mengembangkan diri.
2) Medan fenomena
Rogers mengartikan medan fenomena sebagai keseluruhan
pengalaman, baik yang internal maupun eksternal, baik yang
disadari maupun yang tidak disadari. Medan fenomena
Psikologi Kepribadian
merupakan seluruh pengalaman pribadi seseorang sepanjang
hidupnya.
3) Self
Self merupakan konsep pokok dari teori kepribadian Rogers,
yang intinya adalah :
a) terbentuk melalui medan fenomena dan melalui introjeksi
nilai-nilai orang tertentu;.
b) bersifat integral dan konsisten;
c) menganggap pengalaman yang tak sesuai dengan struktur
self sebagai ancaman;
d) dapat berubah karena kematangan dan belajar.
b. Dinamika kepribadian
Menurut Rogers, organisme mengaktualisasikan dirinya menurut
garis-garis yang diletakkan oleh hereditas. Ketika organisme itu matang
maka ia makin berdiferensiasi, makin luas, makin otonom, dan makin
tersosialisasikan. Rogers menyatakan bahwa pada dasarnya tingkah
laku adalah usaha organisme yang berarah tujuan untuk memuaskan
kebutuhan-kebutuhannya sebagaimana dialami, dalam medan
sebagaimana medan itu dipersepsikan (Hall dan Lindzey, 1995 :136-
137).
Rogers menegaskan bahwa secara alami kecenderungan
aktualisasi akan menunjukkan diri melalui rentangan luas tingkah laku,
yaitu :
1) Tingkah laku yang berakar pada proses fisiologis, termasuk
kebutuhan dasar (makana, minuman, dan udara), kebutuhan
mengembangkan dan memerinci fungsi tubuh serta generasi.
2) Tingkah laku yang berkaitan dengan motivasi psikologis untuk
menjadi diri sendiri.
3) Tingkah laku yang tidak meredakan ketegangan tetapi justru
meningkatkan tegangan, yaitu tingkah laku yang motivasinya
untuk berkembang dan menjadi lebih baik.
c. Perkembangan kepribadian
Rogers tidak membahas teori pertumbuhan dan perkembangan,
namun dia yakin adanya kekuatan tumbuh pada semua orang yang
secara alami mendorong proses organisme menjadi semakin kompleks,
Psikologi Kepribadian
otonom, sosial, sdan secara keseluruhan semakin aktualisasi diri.
Rogers menyatakan bahwa self berkembang secar utuh-keseluruhan,
menyentuh semua bagian-bagian. Berkembangnya self diikuti oleh
kebutuhan penerimaan positif, dan penyaringan tingkah laku yang
disadari agar tetap sesuai dengan struktur self sehingga dirinya
berkembang menjadi pribadi yang berfungsi utuh.
Pribadi yang berfungsi utuh menurut Rogers adalah individu yang
memakai kapasitas dan bakatnya, merealisasi potensinya, dan
bergerak menuju pemahaman yang lengkap mengenai dirinya sendiri
dan seluruh rentang pengalamannya. Rogers menggambarkan 5 ciri
kepribadian yang berfungsi sepenuhnya sebagai berikut :
1) terbuka untuk mengalami (openess to experience);
2) hidup menjadi (existential living);
3) keyakinan organismik (organismic trusting);
4) pengalaman kebebasan (experiental freedom);
5) kreativitas (creativity)
Psikologi Kepribadian
Daftar Pustaka
Alwisol. (2005) Psikologi Kepribadian. Malang : Penerbit Universitas
Muhammadyah Malang.
Boeree, CG. (1997) .Personality Theories :Melacak Kepribadian Anda
Bersama Psikolog Dunia. (Alih bahasa : Inyiak Ridwan Muzir). Yogyakarta:
Primasophie.
Dirgagunarsa, Singgih. (1978) Pengantar Psikologi. Jakarta : BPK Gunung
Mulia.
Farozin, H. M. Dan Fathiyah, Kartika Nur. (2004) Pemahaman Tingkah Laku.
Jakarta : Rineka Cipta.
Heuken, Adolf S.J. (1979) Tantangan Membina Kepribadian : Pedoman
Mengenal Diri. Kanisius : Yogyakarta.
Koeswara, E. (2001) Teori-teori Kepribadian. Bandung Eresco.
Kretch, David dan Crutchfield, Ricahrd S. (1969) Elements of Psychology. New
York : Alfred A. Knopf.
Nana Syaodih. (2003) Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT
REmaja Rosdakarya.
Sagimun Mulus Dumadi. (1982) Pembentukan dan Pendidikan Watak. Jakarta
: Pradnya Paramita.
Sumadi Suryabrata. (2005) Psikologi Kepribadian. Jakarta : CV Rajawali.
Supratiknya, A. (editor) (1993) Teori-teori Holistik : Organismik – Fenomenologis.
Yogyakarta : Kanisius.

psikoterapi

berikut adalah tahapan dan kurikulum yang harus dilalui oleh seorang pasien mental (Psikoterapi Islam):
  1. tahap Identifikasi. Pada tahap ini, orangtua, keluarga atau kerabat pasien menyerahkan dan memberikan informasi yang tepat, benar dan terbuka tentang kondisi pasien. tahapan ini dimaksudkan untuk mengetahui indentitas dansejauh mana tingkat penggunaan dan jenis narkotika dan zat-zat adiktif yang dipakai pasien.
  2. tahap mandi taubat. Mandi taubat ini bertujuan memberikan motivasi dan menurunkan kadar ketergantungan pasien terhadap narkotika dan zat-zat adiktif. Di samping ini, pasien juga diberikan air asam jawa yang dicampur dengan gula merah atau air kelapa muda. prosedur ini bermanfaat menurunkan radiasi, mengurangi ketergantungan dan mengeluarkan racun-racun yang terdapat pada narkotika dan zat adiktif.
  3. tahap menerima talqin zikir. Dalam aliran tarekat qodiriyyah-naqsyabandiyyah talqin zikir merupakan hal yang sangat penting. Pasien dalam masa perawatan diwajibkan memeroleh pengetahuan tentang cara berzikir secara jahr dan khafi
  4. tahap mengikuti pembinaan dan perawatan.

my pet


www.spacezapper.com